Kemenangan Kecil

Ketika gua lagi ngelamun pas mandi, teringat kata-kata teman gua yang sangat bijak, Bang Hadi, lagi.

Untuk meraih kemenangan besar, lo harus meraih kemenangan kecil dulu. Kemenangan kecil seperti apa? Lo bangun pagi-pagi, kemenangan kecil. Lo berani mandi pagi, kemenangan kecil. Pagi-pagi udah latihan menulis di blog, kemenangan kecil.

Dan gua selalu mempertanyakan kekurangan diri gua, membuat gua jarang bersyukur. Padahal, bersyukur inilah suatu kemenangan kecil.

Tentang kemarin makrab jurusan, ada sebuah hal yang gua ingat ketika itu. Gua merasa melepaskan semua kejaiman gua untuk tampil di depan umum. It’s like amazing. People’s feedback itu gak terprediksi. Dengan mengekspresikan semangat yang ada di diri lo, orang-orang bakalan ikut semangat juga. This is the feeling. Awalnya gua gugup, tapi gua ekspresikan kegugupan gua. Gua tarik napas. Share kegugupan lo, dan bareng-bareng gugupnya ketika lo mau tampil di depan umum. Tarik napas bareng-bareng. Abis itu ajak sekeliling untuk nyemangatin. Jangan mikirin diri lo sendiri lagi. Pikirkan yang lo lakuin adalah untuk menghibur orang. Dan gua gak nyangka hasilnya. Gua berani natap mata penonton. Gua berani teriak-teriak. Sampe gua joget-joget, lompat-lompat. Karena gua ngerasa perlu ngelakuin itu.

Rasanya seperti melepaskan semua beban yang selama ini menggunung di leher gua, beban untuk merasakan atmosfer tampil di depan umum. Kemenangan kecil ini sungguh begitu berharga.

Selalu banyak belajar dari yang namanya Bang Abdul Hadi. Teman gua satu angkatan, satu jurusan. Gua nyebutnya Bang karena gua nyaman dengan itu. Kalo gak nyebut Bang gua gak nyaman, dan karena dia itu bijak sih. Walaupun dia gak punya agama, tapi kata-kata yang dia ucapin banyak banget yang gua ingat di alam bawah sadar gua. Gua juga masih ingat, dia motivasiin gua, “Lo tau perbedaan show-up sama show-off?”

“Enggak.” Gua bilang.

“Show-up itu lo harus nunjukkin aksinya, sedangkan show-off itu lo cuma pamer doang.”

Gua ngangguk-ngangguk.

Dan gua ngerasa gua cuma sering show-off bahwa gua ini stand-up komedian. Padahal, bukan. Gua cuma penggemar stand-up komedi yang sekali-kali ingin merasakan stand-up komedi.

Akhirnya gua banting setir, gua menatap dalam-dalam mata Bang Hadi, gua neguk ludah.

This is the time!

Gua ngomong ke Bang Sanpras, gua mau tampil openmic malam itu. Djendelo Coffee malam itu merasakan performance pertama gua dalam berstand-up komedi. Jogjakarta merasakan hal yang sama.

Openmic pertama di Jogjakarta yang gua lakuin. Gua masih ingat heningnya. Gua masih ingat ekspresi penonton yang bingung ngedenger materi gua. Gua masih ingat ada yang orang sendirian ketawa di bagian pojok kiri, secara tiba-tiba. Dan wajah-wajah penonton yang nunggu lucunya.

Checklist yang sedari pertama gua nyampe di Jogjakarta, terwujud berkat motivasi Bang Hadi.

Kemenangan kecil juga ketika lo melihat hal yang sama.

Ketika lo ngeliat diri lo sendiri. Gua ngeliat teman gua yang pertama kali perform stand-up komedi di hadapan teman-teman jurusan psikologi pas makrab. Gugupnya kelihatan, kayak menggigil gitu. Tapi untungnya dia pecah, karena materi dan pembawaannya di panggung emang lucu.

Dan setelah itu dia bilang terima kasih ke gua, padahal gua gak ngajarin apa-apa. Tapi gua senang banget dibilangin terima kasih. You know? Ternyata, people’s feedback itu gak bisa diprediksi dengan akal sehat, ya.

Iya, betul, people’s feedback. Keren juga, ya, istilahnya, people’s feedback. Wow, sungguh keren.

Nyadarin istilah people’s feedback itu keren juga adalah suatu kemenangan kecil.

Kemenangan kecil juga gua bisa berbagi kemenangan kecil gua dengan kalian.

Itu doang, sih.

Leave a Reply

